Memulai Pengabdian dengan Pendirian Lembaga Technopreneur bernama PPTI

Sudah direncanakan dari 3 bulan yang lalu dan akhirnya dengan langkah yang pelan namun pasti, lembaga yang bernama Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) akhirnya lahir pada tanggal 16 Juni 2015. Pendirian Lembaga Technopreneur PPTI bermitra dengan Fakultas Teknik UNY ini menjadi lahan pengabdian saya sebagai seorang technopreneur yang menyandang gelar pendidikan.

Pusat Pengembangan Teknopreeneur Indonesia adalah sebuah inkubator atau lembaga technopreneur yang didirikan pada tanggal 25 Juni 2013, dan baru legal pada tanggal 15 Juni 2015 dengan nomor Badan Hukum SK NO. 06 dan tanggal 15 Juni 2015. Pusat Pengembangan Teknopreneur Indonesia didirikan sebagai Inkubator Bisnis dan Teknologi yang beralamat di Kampus Karangmalang Fakultas Teknik UNY, Sleman, Propinsi D.I. Yogyakarta.

Pusat Pengembangan Teknopreneurship Indonesia (PPTI) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berperan di dalam proses implementasi dan inkubasi hasil-hasil penelitian kepada masyarakat (hilirisasi IPTEK). Sesuai dengan pengembanan tugas dan fungsi tersebut maka kegiatan implementatif dan inkubasi sudah dilakukan PPTI sejak awal tahun 2015 sampai sekarang.

[gallery link="file" ids="2946,2947,2948"]

Kegiatan PPTI ini meliputi Mentoring dan Pelatihan, Intermediasi, Start-up Business dan Industrialisasi. Saat ini PPTI telah memiliki 7 tenant aktif dan kami melakukan mentoring rutin setiap 2 minggu sekali. Tenant yang paling jauh dan sedang diunggulkan saat ini yaitu CV. Holstein Indonesia yang beralamat di Boyolali РJawa Tengah. PPTI akan mendampingi CV. Holstein Indonesia dalam proses menuju komersialisasi hasil penelitian tersebut. Diharapkan, CV. Holstein Indonesia akan tumbuh menjadi perusahaan berkelas dunia yang berbasis teknologi, berpola kearifan lokal kemitraan.

Semoga kegiatan pembelajaran ini bermanfaat bagi banyak orang. Amin.

]]>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *